15 August 2008

Aku si Gila Buku

Namaku Lisa. Aku suka banget ama yang namanya buku. Cuma dengan bertambahnya usia, tema buku yang kusuka selalu berubah –ubah. Kalau dulu waktu anak anak, aku suka cerita petualangan seperti Pak Janggut, Denny Manusia Ikan, NiNa, lima sekawan, dan sebagainya. Ketika remaja aku tergila gila dengan cerita cerita cinta ala cerpen Anita Cermelang, Mira W, S Mara GD, V Lestari, Zarra Zetira, Tara Zagita, dll. Masuk dunia SMA dan kuliah, aku mulai mencari petualangan yang seru seperti karangan Sidney Sheldon dan drama drama keluarga macam Danielle Steel, juga cerita cerita horror ala RL Stine and Sthephen Kings. Kini ketika aku sudah bekerja, aku mulai menyukai buku buku yang based on the true story, Science fiction, Detektif, dan Mistery ala Michael Crichton, John Grisham, Agatha Cristie ( telat banget, baru nyadar Agatha itu keren waktu umur segini he he he ). Gak ketinggalan sekali-kali aku selingi ama komik ( kebetulan juga komik maniak he he ), majalah ( semua majalah di Indo aku baca , kecuali yang bertema politik dan ekonomi ), dan chiklit ( sekali-kali kagak apa apa, baca buku beginian buat hiburan ). Aku kebetulan juga lagi suka baca serial seperti Gossip Girl, tapi itu belum ada bahasa Indonesianya. Jadi kayaknya setiap masa ada temanya sendiri sendiri.

Well, dari umur 4 tahun, aku sudah bisa membaca majalah sendiri. Masih ingat ama bobo kan? Nah, aku selalu baca itu sendiri. Dan sejak saat itu, aku selalu langganan Bobo, Donald, Kawanku ( yang versi lama, yg ada TOMAT-nya ), Mentari, Kuncung, AMI. Aku juga koleksi berbagai macam cerita rakyat, komik spt: Cergam Nina, Johan & Pirloiut, Arad & Maya, Trigan, Storm, petruk-gareng, Hans Christian Andersen, Denny manusia ikan, Pak Janggut, dan banyak lainnya lagi. Waktu SD, aku sudah membaca habis Lima Sekawan dan seri Mallory Towers, St Claire, Si Badung jadi pengawas, Trio Detektif, Stop, Pasukan mau tahu, semua karangan Enyd deh, juga terjemahan buku anak anak dari Swedia dan London, dll.

Beranjak Remaja, aku melahap habis karangan Mira W, V Lestari, S. Mara GD, Tara Zagita ( ratu horror ), Zara Zettira , Lupus series, Sidney Sheldon, Sherlock Holmes series, dan masih banyak lagi. Aku langganan majalah dari Anita Cermelang, Aneka, Gadis, Mode, Femina, banyak deh. Pada saat aku 18-an keatas ini, dimana waktuku banyak habis di kampus, selain JJS, Shopping, Nonton VCD n Bioskop, aku paling demen nongkrong di toko buku. En pulangnya mesti bawa pulang 1-2 buku. Saat saat ini masa keemasan aku. Kalo baca buku, novel shidney sheldon ( misalnya ), bisa habis hanya dalam 2 jam kurang. Kalo tebal banget, paling 3-4 jam dah habis. Itu udah termasuk jam makan dan mandi. Canggih ya??!!!

Dan sekarang ketika usia tidak lagi muda, tapi juga tidak bisa dibilang tua ( karena aku masih imut ha ha ha ha ), kecepatan baca aku dah berkurang jauh. Karena aku harus kerja ( ya iyalah, kan bokap nyokap gak bisa bayarin hobby aku belanja buku mlulu ), Selain itu aku juga harus bisa membagi waktu dengan my honey bunny ( yang rupanya juga book-freak ). Jadi waktu bacaku berkurang jauh. Dan kecepatan baca juga berkurang juauhhh buanget. Yang biasanya buku setebal Harry Potter 4 aja bisa habis dalam waktu 4,5 jam nonstop. Kini baca Agatha Christie yang jauh lebih tipis saja butuh 4-5 hari buat namatinya. Bukannya mata aku minus ( ajaibnya, nih mata normal en sehat sehat aja, biar dipake baca dimanapun en dalam situasi apa-pun selama seperempat abad lebih ), tapi ya itu waktu aku banyak habis buat ngerjain yang lain.

Padahal semangat untuk beli buku masih setinggi yang dulu. Seminggu minim 4 kali aku ama doi ke persewaan buku, buat sewa majalah. Kalo majalah, aku emang gak pernah beli lagi. Karena gak ada yang bisa dibaca ulang, kecuali TAMASYA ama CINEMAGS ama MOVIE MONTHLY. Kalau yang 3 itu emang layak dikoleksi. Apalagi bagi penggila film dan travelling kayak aku. Ngomong ngomong soal majalah, majalah yang aku baca tiap bulannya 2 tahun terakhir ini : Cosmopolitan, Cosmo Girl, Pengusaha, National Geography, Her World, Bazaar, Elle, Eve, Spice, Femina, Seventeen, Go Girl, Mother n Baby, Ayah bunda, Fitness, Menshealth, Fit, Shape, Cita Cinta, Cinemags, Movie Monthly, First, T’n’t, Tamasya, Sedap Sekejap, Asian star, Reader Digest, Intisari, Hello Bali, Jakarta, Jalan Jalan, Female, Cosmopolitan Men, Cleo. Apalagi ya. Kayaknya masih banyak deh. Tapi semuanya pinjam. Yang beli tiap bulan Cuma Tamasya, Cinemags, Fit, Cleo indonesia, Cleo malaysia, n Cleo singapore juga tabloid Kuliner. Yang lain pinjam semua dipersewaan tiap bulan ha ha ha. Enak ya.... !! Aku juga baca majalah luar negeri, seperti Fitness Usa, Dolly Aussie, Slimming and Health Aussie, People, US weekly, aduh buanyak deh. Aku kan rajin nongkrong di peri plus, gramedia, en toko buku discount. Jadi sering borong disana. Trus seminggu minim 1 kali ke toko buku, buat beli buku yang bagus bagus saja. Minim 1 bulan bisa beli 4-5 buku and 3 majalah, itu minim lhoo. Tapi belum tentu dalam 1 bulan aku bisa habiskan baca 1 buku.

Maka dari itu, mulai bulan July 2008 ini, aku tekad-in, bisa habiskan semua koleksi buku-ku. Yang jujur aja, untuk menghabiskan seluruh koleksi buku-ku, kayaknya butuh waktu 2-3 tahun, itupun kalo setiap hari baca.

Cita-cita aku, kalau dah punya rumah sendiri, aku pengen punya perpustakaan sendiri dan home theatre. Jadi habis baca buku, kalau ada ide, aku tuangkan di laptop tercintaku, untuk di upload di blog. En kalo lagi boring, stel VCD sambil minum coffee mint capuccino. Wah enaknya...............

Nih, kalian aku kasih review buku-buku yang pernah aku baca. By the way, karena sudah begitu banyak buku yang aku baca, aku hanya memberi review buku-buku baru dan buku-buku lama yang saya baca ulang sejak tahun 2000-an ini. Enjoy-enjoy ya....
Semoga bisa membantu kalian dalam memilih buku yang hendak kalian baca !!

No comments: