28 November 2008

Sate dan Soto Banjar

Ini dia Soto Banjar yang terkenal enak rasanya. Isinya ketupat atau lontong, perkedel kentang, suwiran ayam yang sudah ditumis dengan bumbu terlebih dahulu, telur, suun, dan ditutupi dengan siraman kuah yang bening segar. Kalo aku makan, aku kasih kecap manis, kecap asin sedikit, sambal 2 sendok, dan jeruk nipis 2 biji. Wah rasanya segar banget. Gurih, asem, pedas, dan lezat !! Gak ada duanya deh. Kalau mau coba, kamu bisa datang ke Depot Banjar Pal Satu, di Jalan Kedungdoro sebelah kanan jalan, di Surabaya. Atau ke Depot Soto Banjar Bu Erlina di Food Festival Pakuwon City, Surabaya Timur. Sotonya di dua tempat tersebut bikin aku pengen nambah terus saking enaknya. Oya, dua tempat ini memang sama sama menyajikan soto Banjar, tapi mereka beda rasa, karena pemiliknya berbeda. Namun hasil akhir, dua-duanya tetap soto Banjar terlezat di Surabaya.



Kalau ini sate Banjar. Rasanya hmmm nyam nyam deh. Daging ayamnya besar besar. Dan kalau dipanggang agak agak basah ( Dagingnya mateng, tapi bumbunya masih basah basah gitu, wah rasa bumbunya yang gurih berasa banget dilidah. Bikin ngiler deh ). Kalau minta dipanggang kering juga enak, karena bumbunya yang melekat kering jadi bikin satenya agak agak crispy gitu. Lezat banget deh. Makannya dengan sambal merah yang terbuat dari kacang tanah, saus tomat, mentega, dan bumbu bumbu lainnya. Kalo aku makannya pakai cabai rawit iris. Pedes boo !! Sedap...
Kalau penasaran, beli aja di depot soto banjar Bu Erlina, di Food Festival Pakuwon City Surabaya.

2 comments:

Anonymous said...

I was born Kalimantan (Balikpapan exactly). Sejak kecil udah makan soto banjar, jadi begitu ke pulau jawa agak asing dgn soto ala lamongan yg kuning gitu hehe..

Kalo soto banjar lebuh bening, menyerupai soup. Tapi seger dan spicy :)

Lam kenal ya ..

Anonymous said...

Wah .. gak menduga aku dapat comment dari Jiewa. Ini nih penulis kuliner berbakat yg blognya selalu aku datangi !! Keren oiii.....